Banyuwangi merupakan salah satu kota yang berada di ujung timur provinsi Jawa Timur. Banyak wisatawan yang menganggap Banyuwangi sebagai destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi dapat menikmati keindahan alam yang mempesona, menikmati berbagai kuliner khas, tradisi unik, dan memiliki banyak festival sepanjang tahun.

Pada tahun 2018 ini Banyuwangi telah merilis “Top 77 Calender of Event Banyuwangi Indonesia Festival 2018”. Tak heran kota yang terkenal dengan bahasa Osing ini dijuluki Kota Festival. Ada banyak festival yang dapat diikuti oleh para wisatawan di kota Banyuwangi.

Festival di Banyuwangi memang menjadi wisata atraktif yang mengeksplorasi seni budaya, olahraga, keindahan alam, hingga berbagai potensi daerah yang menarik untuk wisatawan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mengapresiasi konsistensi Banyuwangi dalam mengemas suatu acara yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Festival tersebut juga dapat dijadikan ajang promosi kepada wisatawan asing mengenai potensi daerah yang ada.

Menteri Arief menambahkan bahwa Banyuwangi merupakan kota kecil namun memiliki banyak event yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan acara di Banyuwangi masuk dalam 100 event terbaik di Indonesia. Diantara dua event yang masuk 100 besar, satu diantaranya masuk dalam top 10, yakni Banyuwangi Etno Carnival.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa dengan adanya festival tersebut diharapkan kunjungan wisatawan di Banyuwangi terus meningkat. Selain itu, Festival di Banyuwangi juga untuk mendukung program dari Kementerian Pariwisata yakni target kunjungan wisatawan asing di 2018 adalah 17 juta jiwa.

Anas menambahkan bahwa event yang ada di Banyuwangi sudah berlangsung sejak tahun 2012, sehingga hal ini akan terus dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Cara ini menurutnya menjadi andalan Banyuwangi agar lebih dikenal wisatawan baik domestik maupun internasional.

Pada tahun 2018, atraksi pada Festival Banyuwangi lebih istimewa karena lebih mengedepankan kearifan lokal dan memaksimalkan potensi yang ada. Dalam waktu dekat, Banyuwangi akan mengadakan Festival Gandrung Sewu. Event ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober mendatang. Untuk itu, para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan dapat mengujungi Banyuwangi pada tanggal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *