Menurut data Kementerian Pariwisata kunjungan wisatawan asing ke Indonesia masih jauh tertinggal dari Thailand mencapai 30 juta dan Malaysia 26 juta wisatawan. Indonesia bahkan baru 2019 menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 20 juta wisatawan.

Untuk meningkatkan kunjungan sesuai dengan target pemerintah memang sudah memiliki strategi dengan membuat Program Visit Indonesia. Dalam program ini ada beberapa aspek yang benar-benar menjadi konsen dan garus terlaksana dengan baik seperti Infrastruktur, atraksi dan keramahtamahan masyrakarakat.
Program ini menurut Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani harus segera mungkin dilaksanakan dan pastinya tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerjasama dan kontribusi semua pihak yang ikut terkait.


Kaitanya dengan kerjasama dan support untuk Program Visit Indonesia 20 juta wisatawan, kolaborasi ini menjadi langkah sangat strategis apalagi jika pengusaha hotel bisa menjalin kerjasama dengan berbagai maskapai penerbangan, agen travel digital dan pemerintah.

Penggunaan media digital juga bisa dibilang menjadi salah satu cara ekspose dan promosi pengenalan destinasi wisata kepada masyarakat luas. Diketahui bahwa bagaimana cepatnya informasi bisa tersebar dan jika bisa memanfaatkannya ini menjadi salah satu keuntungan.

Dengan berbagai destinasi unggulan yang ada di Indonesia seharusnya pariwisata Indonesia bisa lebih besar mendatangkan wisatawan untuk berlibur ke Indonesia.

Beberapa tahun ini muncul Bali Baru, hal ini juga bisa menjadi salah satu daya tarik untuk mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Indonesia saat ini sudah mulai untuk melakukan pengembangan daerah destinasi wisata baru yang memiliki potensi wisata besar.

Hal lainya yang menjadi perhatian pemerintah untuk pengembangan destinasi wisata baru salah satunya adalah pendanaan atau investasi. Investasi wisata Indonesia memang masih tersentral di kawasan Bali khususnya.
Namun sekarang setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan daerah pro investasi, pengembangan baik sektor wisata maupun sektor potensial lainya mulai menggeliat, investor baik asing maupun lokal sudah mulai berani mengucurkan dana investasi dikarenakan sudah ada kepastian dari pemerintah dan lembaga terkait.

Jadi Indonesia 2019 20 juta wisatawan bukan hal sulit lagi jika semua program dan berbagai strategi pengembangan berjalan lancar dan sesuai rencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *