Pariwisata Indonesia saat ini sudah banyak kenal dunia. Tidak hanya jumlah wisatawan asing yang terus meningkat, investor asing juga banyak yang menanamkan modal di sekor pariwisata di Indonesia.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Rizky Ratmanujar mengungkapkan bahwa banyak investor asing yang melirik pariwisata Indonesia. Sesuai data yang ada, investor pariwisata mengalami pertumbuhan mencapai 20% per tahun.

Pada tahun 2017 pertumbuhan pariwisata mencapai 31% dengan nilai USD 1,7 miliar. Selain itu beberapa strategi pengembangan destinasi pariwisata harus terus diimplementasikan untuk meningkatkan investor pariwisata masuk ke Indonesia.

Dadang menambahkan bahwa ada sejumlah strategi dalam pengembangan destinasi wisata. Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk potensi pariwisata yang ada. Strategi yang dilakukan meliputi pengembangan perwilayahan, aksebilitas, atraksi wisata, amenitas, masyrarakat, serta investasi.

Pemerintah pusat juga mendukung adanya investor asing yang masuk ke Indonesia. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan membangun berbagai infrastruktur seperti Bandara, Pelabuhan, jalan tol, serta infrastruktur lainnya.

Selain itu, pemerintah juga berkomitmen untuk mempermudah para investor dalam mengajukan izin usaha. Selama ini, para pengusaha selalu mengeluh terkait dengan perizinan di Indonesia yang terlalu bertele tele. Dengan dimudahkan izin usaha tentu dapat membuat para investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

Tidak hanya investor asing, sektor pariwisata juga diramaikan oleh investor domestik seperti Tjandra Limanjaya. Tingginya minat investor lokal dalam sektor pariwisata terlihat dalam forum pertemuan investor pariwisata atau Regional Investment Forum 2018 yang dilaksanakan di Yogyakarta.

Hadirnya investor lokal dalam forum tersebut juga memiliki dampak positif untuk para investor asing. Ini menjadi kesempatan untuk menjalin kerja sama.  Investor lokal memiliki peran penting untuk memberikan informasi sedetail mungkin mengenai peluang investasi yang ada di Indonesia.

Saat ini investor asing yang menanamkan modal di Indonesia antara lain berasal dari AS, Jepang, Korea Selatan, Timur Tengah, Inggris, Tiongkok, India, Rusia, Taiwan, Malaysia, Singapura, dan Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *