Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung timur provinsi Jawa Timur. Jika wisatawan ingin berkunjung ke Bali melalui jalur darat dan laut pasti melewati Kabupaten Banyuwangi. Selain memiliki banyak tradisi unik, Banyuwangi juga memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah mempesona dengan Bali.

Mungkin banyak yang masih belu mengetahui bahwa wisata alam di Banyuwangi sudah dikenal dikalangan wisatawan mancanegara. Bahkan pariwisata di Banyuwangi beberapa waktu lalu menorehkan prestasi internasional dan mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang pariwisata di Asia Tenggara. Penghargaan ASEAN Toursm Stanard Award diterima Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Berikut beberapa tempat wisata alam di Banyuwangi yang tidak kalah dengan Bali. Bahkan beberapa diantaranya mirip dengan wisata di luar negeri.

Taman Nasional Baluran

Jika Anda ingin merasakan padang savana seperti yang ada di Afrika, maka datang ke Taman Nasional Baluran. Lokasi tempat wisata ini berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Taman dengan luas 25 ribu hektar ini memiliki rumput berwarna kekuning-kuningan saat musim kemarai dengan Gunung Baluran yang berdiri kokoh sebagai background.  Terdapat 444 jenis tumbuhan, 155 spesies burung, dan 26 jenis satwa.

Ombak Pantai Plengkung

Wisata alam di Banyuwangi yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Plengkung. Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi. Yang unik dari pantai ini adalah memiliki ombak yang indah dan sangat cocok untuk berselancar. Bahkan peselancar dunia memberikan julukan “The Seven Waves Wonder” karena memiliki 7 gulungan ombak.

Pantai Plengkung menjadi surga para pecinta olahraga surfing. Ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 8 meter dengan panjang 2 km. Banyak yang menyebur jika ombak Pantai Plengkung seperti di Hawaii.

Pantai Wedi Ireng

Wisata alam di Banyuwangi ini serupa dengan wineglass Bay yang berada di Australia. Pantai yang berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung ini memiliki dua jenis pasir, yakni pasir halus berwarna putih mulus dan pasir coklat uang kasar. Jika dilihat dari atas maka Pantai Wedi Ireng terlihat melengkung berbentuk sabit. Kindahan alam di pantai ini selalu menarik wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *