Festival Makanan Pedazz hadir kembali di Kota Semarang. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, festival ini berlangsung di halaman parkir Sri Ratu. Acara yang sudah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut ini menyajikan berbagai makanan dengan cita rasa pedas. Bagi yang suka makanan pedas maka tidak ada salahnya unuk hadir di Festival Makanan Pedazz Semarang.

Meski disajikan dengan menarik dan memiliki cita rasa penas, makanan yang ada di festival ini memiliki harga yang terjangkau. Sesuai rencana, acara ini dimulai sejak 17 November hingga 2 Desember 2018. Setiap tahun festival ini menyajikan menu baru yang unik. Seperti tahun ini, terdapat menu baru yakni sambal ganja.

Sambal ganja merupakan buatan dari kedai di Makwen yang menawarkan rasa yang menggugah lidah. Mengapa disebut sambal ganja? Menurut pemilik kedai, sambal ini dapat membuat seseorang yang menikmatinya dapat merasa ketagihan. Jadi ketika mencoba menikmati sambal ganja, mereka akan terus dan susah untuk berhenti.

Sambal ganja memiliki cita rasa asam udueng yang berasal dari Aceh. Rasa asam udueng terseut memang unik jika dijadikan sebagai sambal. Pemilik kedai Makwe, Arif Aria mengjelaskan bahwa adonan sambal bukan berasal dari ganja. Ganja disini adalah sebagai istilah yang dapat membuat orang ketagihan.

Sambal ganja menggunakan bumbu yang sederhana antara lain cabai, bawang merah dan bawang putih. Kemudian ada tambahan daun jeruk, serai, terasi, asam, belimbing wuluh, dan udang. Sebagian bahwan tersebut digoreng terlebih dahulu sebelum diuleg. Bawang merah goreng terlebih dahulu agar menghasilkan cita rasa yang gurih. Sementara untuk daun jeruk ditambahkan saat terakhir.

Ketua Komunitas Kuliner Semarang, Firdaus Adinegoro mengungkapkan bahwa Festival Makanan Pedazz telah diikuti 60 stand yang pada umunya berasal dari makanan rumahan. Setiap tahun jumlah peserta terus meningkat.

Selain itu, antusias pengunjung juga cukup tinggi khusunya pada siang hari. Dalam festival tahunan tersebut, panitia juga mengadakan lomba makan. Pada pengunjugn juga dapat menikmati berbagai macam jenis sambal seperti sambal babad, sambal paru mercon, dan berbagai jenis sambal lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *