PLTA Kayan yang Dibangun dengan Kapasitas 9.000 Megawatt, Masuk 10 Besar PLTA Terbesar di Dunia

Memiliki Kapasitas Sebesar 9.000 Megawatt, Nantinya PLTA Kayan Bisa Masuk 10 Besar PLTA Terbesar di Dunia.

Seperti yang ramai diberitakan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar akan dibangun di Indonesia tepatnya di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Kapasitas listrik yang dihasilkan PLTA Kayan ini rencananya mencapai 9.000 megawatt. Memiliki kapasitas sebesar itu, membuat PLTA Kayan masuk dalam 10 besar PLTA terbesar yang ada di dunia.

Deretan PLTA Terbesar di Dunia, PLTA Kayan Nomor 4

Seperti yang dilansir dari sinarharapan.net, Indonesia pada dasarnya mempunyai hampir 60 PLTA yang terpusat di beberapa provinsi besar seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, Sulawesi, Kalimantan serta Papua.

Namun, hampir 60 PLTA yang ada di Indonesia, PLTA Kayan yang dibangun di Sungai Kayan, Kalimantan Utara inilah yang bakal menjadi PLTA terbesar di Indonesia.

Bahkan jika pembangunan PLTA Kayan ini benar-benar terealisasikan, PLTA Kayan bisa masuk 10 besar PLTA terbesar di dunia lho! Dari pada penasaran, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Sederet Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia

  1. Three Gorges (Tiga Ngarai), Tiongkok

Three Gorges merupakan pembangkit listrik tenaga air di Yichang, provinsi Hubei, China, dengan kapasitas sebesar 22.500 megawatt adalah stasiun tenaga air terbesar di dunia.

  1. Itaipu, Brasil & Paraguay

PLTA Itaipu dengan kapasitas terpasang 14.000 megawatt menjadi pembangkit listrik tenaga air kedua terbesar di dunia.

Proyek ini terletak di Sungai Parana, di perbatasan antara Brasil dan Paraguay. Fasilitas ini dioperasikan oleh Itaipu Binancional.

  1. Guri, Venezuela

Memiliki kapasitas sebesar 10.200 megawatt, membuat pembangkit listrik Guri atau yang juga dikenal sebagai PLTA Simon Bolivar, menempati peringkat ketiga sebagai pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia.

Fasilitas listrik yang memanfaatkan tenaga air di Venezuela terletak di Sungai Caroni pada Negara Bagian Bolivar Venezuela tenggara.

  1. PLTA Kayan, Indonesia

Kapasitas yang dimiliki mencapai 9.000 megawatt, membuat pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kayan ini berhasil menduduki peringkat keempat.

PLTA Kayan sendiri dibangun dengan memanfaatkan aliran Sungai Kayan yang terletak di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Gambar PLTA Terbesar di Dunia ada di China (cyber-rt.info)
  1. Tucuri, Brasil

Kompleks Hydropower Tucuri terletak di Sungai Tocantins yang lebih renddah di Tucuri, Para, Brazil, menempati peringkat keempat PLTA terbesar di dunia dengan kapasitas 8.370 megawatt.

  1. Grand Coulee, Amerika Serikat

PLTA Grand Coule berkapasitas 6.809 megawatt yang terletak di Sungai Columbia, Washington, AS ini merupakan pembangkit listrik tenaga air terrbesar kelima di dunia.

  1. Sayano-Shushenskaya, Rusia

PLTA ini terletak di Sungai Yenisei di Sayanogorsk, Khakassia, Rusia dengan kapasitas yang dimiliki sebesar 6.400 megawatt.

  1. Longtan, Tiongkok

PLTA yang terletak di Sungai Hongshui, Kabupaten Tian’e, Guangxi, China merupakan PLTA terbesar di dunia peringkat ke delapan dengan total kapasitas yang dimiliki 6.300 megawatt.

  1. Krasnoyarsk, Rusia

Mempunyai kapasitas sebesar 6.000 megawatt, membuat Krasnoyrask tertahan di posisi kesembilan.

Lokasi PLTA ini berada di Sungai Yenisei di Divnogorsk, Rusia.

  1. Robert-Bourassa, Kanada

Stasiun pembangkit listrik Robert-Bourassa yang berlokasi di Sungai La Grande di utara Quebec, Kanada ini menempati urutan terakhir, dengan total kapasitas listrik yang dimiliki sebesar 5.616 megawatt.

Nah, itulah sederet PLTA terbesar yang ada di dunia. Jika pembangunan PLTA Kayan berkapasitas 9.000 megawatt yang akan dilakukan mulai akhir tahun ini direalisasikan, maka bukan tidak mungkin PLTA Kayan masuk 10 besar PLTA terbesar di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *